Notification

×

Iklan

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Indeks Berita

Ya Ampun! Gaji Rp5 Juta per Bulan Disebut Bakal Kena Pajak 5 Persen, Kamu Setuju?

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 08:20 WIB Last Updated 2021-10-02T01:22:09Z
Ilustrasi (Antara)

InfoPemuda.id, Ekobis - Sepertinya ini kabar buruk untuk masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang minimal bergaji Rp5 juta per bulan. Itu lantaran ada aturan baru, di mana Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengubah lapisan penghasilan kena pajak. Diinformasikan bahwa penghasilan orang pribadi hingga Rp60 juta per tahun atau sekitar Rp5 juta per bulan akan dikenakan pajak sebesar lima persen.


Dilansir terkini.id dari CNBC Indonesia pada Kamis, 30 September 2021, sebelumnya, tarif 5% dikenakan untuk penghasilan sampai Rp50 juta per tahun. Hal itu tertuang dalam RUU Ketentuan Umum Perpajakan yang diubah menjadi RUU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP).


Dengan demikian, maka tarif 15 persen dikenakan untuk penghasilan mulai dari di atas Rp60 juta hingga Rp250 juta per tahunnya. Sementara itu, bagi masyarakat yang berpenghasilan di atas Rp250 juta – Rp500 juta kena tarif 25 persen. Selanjutnya, penghasilan di atas Rp500 juta – Rp5 miliar per tahun dikenakan tarif 30 persen.


Kemudian yang terakhir adalah tarif baru, yaitu 35% untuk yang berpenghasilan di atas Rp5 miliar per tahun. Sementara itu, untuk Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) masih sama dengan sebelumnya, yaitu sebesar Rp54 juta per tahun atau Rp 4,5 juta per bulan bagi orang pribadi. Sedangkan di sisi lain, bagi yang sudah menikah ditambah Rp4,5 juta per tahunnya jika istrinya tidak bekerja. Lalu untuk suami yang penghasilannya digabung dengan istri, maka PTKP nya ditambahkan Rp54 juta per tahun.


Artikel ini telah tayang di Makassar.terkini.id dengan judul "Astaga! Aturan Baru? Gaji Rp5 Juta per Bulan Disebut Bakal Kena Pajak 5 Persen, Kamu Setuju?", Klik untuk baca: https://makassar.terkini.id/astaga-aturan-baru-gaji-rp5-juta-per-bulan-disebut-bakal-kena-pajak-5-persen-kamu-setuju/
Penulis : Fitrianna R
Publish : 30 Sep 2021 19:33

×
Berita Terbaru Update
               
         
close