Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ini Alasan Singapura Jadi Negara Destinasi Pelajar!

Rabu, 03 November 2021 | 12:30 WIB Last Updated 2021-11-04T03:26:27Z
Ilustrasi pelajar di Singapura

InfoPemuda.id, Pendidikan - Singapura merupakan salah satu negara maju di Asia yang kerap menjadi tujuan destinasi pelajar mancanegara. Hal ini disebabkan tingginya kualitas pendidikan dan universitas di Singapura. Selain itu, akses transportasi dan infrastruktur telekomunikasi yang merata memudahkan pelajar mancanegara untuk menjalankan kuliah di Singapura. 


Mengapa memilih Singapura?


Singapura adalah salah satu dari empat ‘Macan Asia’ dan juga menjadi pusat perbankan dan keuangan di Asia Tenggara. Pertumbuhan ekonomi di sektor ini menambah permintaan tenaga kerja profesional sehingga pastinya membuka peluang kerja.


Contohnya jika Anda adalah pelajar di bidang Teknologi dan Komunikasi, Anda bisa langsung bekerja dalam industri terpenting di Singapura serta menjadi kontributor utama bagi pertumbuhan ekonomi negara yang mempekerjakan 80.000 tenaga kerja.


Biaya hidup dan kuliah di Singapura


Bicara seputar biaya kuliah di Singapura, sebenarnya tergantung pada jenjang pendidikan dan di mana Anda memutuskan untuk studi. 


Namun, sebagai gambaran kasarnya, untuk jenjang diploma, Anda perlu menyiapkan biaya sebesar SG$12.000- SG$25.000 atau setara dengan Rp119 juta-Rp247 juta per tahun. Sementara itu, untuk biaya kuliah jenjang sarjana (S1) umumnya berkisar antara SG$20.000-SG$60.000 atau setara dengan Rp198 juta-Rp593 juta per tahun. Terakhir, biaya kuliah untuk jenjang pascasarjana (S2) umumnya berkisar antara SG$30.000- SG$70.000 atau setara dengan Rp269 juta-Rp692 juta per tahun.


Biaya hidup di Singapura cukup terjangkau bila dibandingkan dengan negara maju lainnya. Untuk menyewa kamar atau tempat tinggal, Anda perlu menyiapkan Rp5-30 juta per bulan tergantung fitur dan luas kamar Anda. Sementara, untuk transportasi dan biaya makanan sehari-hari membutuhkan sekitar Rp2-6 juta per bulan.


Beasiswa untuk Kuliah di Singapura


Apabila Anda ingin melanjutkan studi di Singapura namun terhalang biaya, Anda dapat mencoba mengajukan beasiswa kuliah di Singapura, seperti misalnya;


Singapore Government Scholarships for Southeast Asians


Beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa dari negara ASEAN selain Singapura. Beasiswa dari pemerintah Singapura ini bersifat penuh. Selain biaya kuliah penuh, pelamar beasiswa juga akan diberikan biaya tunjangan sebesar SG$4.300 atau sekitar Rp45 juta per tahun, tiket pesawat kelas ekonomi ke Singapura, dan biaya akomodasi harga kamar di setiap universitas pada tiap semesternya.


NUS Graduate Student Scholarship for ASEAN


Beasiswa ini ditujukan pada mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 dalam bidang humaniora dan ilmu sosial di Asia Tenggara. Beasiswa yang akan diberikan pada calon mahasiswa adalah tunjangan bulanan sebesar SG$1.000 (sekitar Rp10 juta), tunjangan perumahaan bulanan SG$250(sekitar Rp2,6 juta), lain-lain SG$250.


Science and Technology Undergraduate Scholarship


Beasiswa ini ditujukan kepada Anda yang memiliki IPK minimal 3,5. Biaya yang diberikan melingkupi semua biaya kuliah. Mahasiswa penerima beasiswa juga akan mendapat dana untuk tunjangan hidup tahunan sebesar SG$6.000 (sekitar Rp60 juta) dan tunjangan satu kali menetap saat pendaftaran SG$200 (Rp2,1 juta rupiah).


Penerima beasiswa juga akan difasilitasi dua buah tiket pesawat kelas ekonomi, satu saat akan berangkat ke Singapura untuk studi dan satu ketika ingin kembali ke negara asal setelah menyelesaikan studi.


The Dr Goh Keng Swee Scholarship


Beasiswa dari pihak swasta ini dikelola oleh asosiasi bank di Singapura. Setiap tahun kuota beasiswa GKS cukup sedikit, hanya 3-4 orang saja. Selama 4 tahun, penerima beasiswa ini akan mendapatkan tunjangan tahunan $SG6500 atau sekitar Rp69 juta dan biaya hidup selama pendaftaran sebesar SG$200 (Rp2,1 juta rupiah)


Temasek Education Foundation (TEF) Sunburst Scholarship


Beasiswa dari Yayasan Temasek ini menawarkan beasiswa penuh selama 3-4 tahun untuk jenjang diploma dan S1. Pemegang beasiswa ini akan diberikan biaya kuliah secara penuh, tunjangan hidup sebesar SG$500 atau sekitar Rp5,3 juta per bulan, tunjangan tempat tinggal sebesar SG$350 (Rp3,7 juta) per bulan, dan tiket pesawat kelas ekonomi tujuan Singapura.

×
Berita Terbaru Update